Thursday 1 October 2020

Present simple, past simple, dan simple future

 Salam sejahtera bagi kita semua. Semoga kita selalu di bawah karunia Tuhan Yang Maha Esa. Amin. Di kesempatan kali ini, saya akan memberikan penjelasan mengenai kalimat simple present, past simple, dan simple future. Penasaran? Yuk simak penjelasan berikut.


A. Simple present 

Simple present adalah kalimat yang sering digunakan dalam bahasa Inggris. Biasanya simple present atau present simple tense adalah kalimat yang menyatakan kebiasaan (habit) dan suatu fakta. Ada 3 formula dalam simple present yaitu :

(+) S+V1/base form+s/es+O

(-) S+do/does+not+V1+O

(?) do/does+S+V1+O?

S=sebagai subject

O=sebagai object

V1=sebagai kata kerja atau verb

Nah, di situ kan ada do atau does. 

Do dipakai untuk i, you, we, they. Does dipakai untuk he, she, it. 

Penambahan s/es hanya digunakan untuk singular atau he, she, dan it.

B. Simple future 

Simple future adalah kalimat yang digunakan untuk menyatakan rencana di masa depan. Berikut ada 3 formula untuk simple future :

(+) S+Will+V1+O

(-)S+Will not/won't+V1+O

(?) Will+S+V1+O?

Sama seperti simple present, semuanya menggunakan base form. Perbedaan di sini adalah untuk seluruh subject menggunakan will tanpa perubahan.

C. Past simple

Past simple atau simple past ini biasanya digunakan untuk menceritakan mengenai masa lalu yang telah terjadi. Berikut adalah 3 formula untuk past simple :

(+) S+V2+O

(-) S+did+not+V1+O

(?) did+S+V1+O?

Seluruh subject menggunakan kata yang sama yaitu did. Tetapi, berbeda dengan 2 jenis kalimat sebelumnya, di past simple ini menggunakan perubahan kata kerja atau verb. Jadi, harus berhati - hati.

Sekian blog saya untuk kali ini. Saya rasa masih perlu adanya kritik dan tanggapan dari pembaca semua. Saya harapkan agar pembaca mampu melakukan pemeriksaan terhadap kesalahan dalam blog ini. Anda dapat berkomentar di kolom komentar di bawah ⬇. Akhir kata, saya ucapkan terima kasih karena telah membaca blog saya dan have a nice day. 

Cari tahu lebih banyak mengenai pelajaran di https://mantappelajaran.blogspot.com

No comments:

Post a Comment