Thursday 1 October 2020

Gejala sosial

 Salam sejahtera bagi kita semua. Semoga kita selalu di bawah karunia Tuhan Yang Maha Esa. Amin. Di kesempatan kali ini, saya akan memberikan penjelasan mengenai gejala sosial.

A. Definisi gejala sosial 

Gejala sosial disebut juga fenomena sosial. Munculnya tersebut diakibatkan adanya perubahan sosial. Gejala sosial dapat diartikan sebagai peristiwa yang sering terjadi pada lapisan masyarakat.

B. Faktor penyebab gejala sosial 

1. Kultural:nilai yang tumbuh dan berkembang di masyarakat. Contohnya :kemiskinan, kerja bakti, dan perilaku menyimpang.

2. Struktural :keadaan yang memengaruhi struktur atau sesuatu yang disusun dengan pola tertentu. Contohnya :penyuluhan sosial dan interaksi sosial.

C. Jenis gejala sosial 

1. Ekonomi:berkaitan dengan perekonomian masyarakat. Contohnya :pengangguran, inflasi, dan resesi.

2. Budaya:keanekaragaman dapat menimbulkan gejala sosial. Contohnya:perilaku negatif,kenakalan remaja, dan narkotika.

3. Lingkungan:ditimbulkan akibat lingkungan alam. Contohnya :kesehatan manusia, kebersihan lingkungan, dan polusi.

4. Psikologis :perilaku dapat dipengaruhi aspek psikologis. Contohnya :masalah mental, disorganisasi jiwa,dan kelainan mental

D. Contoh gejala sosial 

1. Kemiskinan :kemiskinan diakibatkan seseorang tidak mampu memenuhi kebutuhan primernya. Dibagi 2 yaitu kemiskinan struktural dan absolut.

2. Masalah remaja: masalah yang sering dilakukan oleh remaja. Contohnya menyontek, membolos, dan melanggar lalu lintas.

3. Masalah kependudukan : masalah yang menyangkut penduduk. Contohnya :ledakan penduduk, pemerataan penduduk yang tidak rata, dan kepadatan penduduk.

E. Dampak gejala sosial 

1. Positif :akibat gejala sosial disikapi dengan baik. Hal ini menjadi suatu kemajuan bangsa sendiri.

2. Negatif:akibat gejala sosial tidak disikapi dengan baik. Akibatnya, cultural shock atau ketidaksanggupan orang dalam menghadapi gejala sosial yang akan berdampak ke perilaku menyimpang.

Sekian blog saya untuk kali ini. Saya rasa masih perlu adanya kritik dan tanggapan dari pembaca semua. Saya harapkan agar pembaca mampu melakukan pemeriksaan terhadap kesalahan dalam blog ini. Anda dapat berkomentar di kolom komentar di bawah ⬇. Akhir kata, saya ucapkan terima kasih karena telah membaca blog saya dan have a nice day. 

Cari tahu lebih banyak mengenai pelajaran di https://mantappelajaran.blogspot.com

No comments:

Post a Comment